20 Personil Senkom Kalsel Ikuti Apel Siaga Karhutla dan HKB


Sidoarjofile - Banjar Jum'at (05/05), sedikitnya 20 personil anggota Senkom Mitra Polri Provinsi Kalimantan Selatan, mengikuti Apel Siaga Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) dan peringatan Hari Kesiapan Bencana (HKB) Tahun 2023 pada Rabu (03/05) di Lapangan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.


Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam membacakan amanat upacara menyampaikan, menurut data Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisikia (BMKG) mulai 1 Mei lalu, kawasan timur Indonesia diselimuti ultra violet kategori berbahaya dan ekstrem yang kemudian meluas hingga Kalimantan dan Sumatera.

”Fenomena tersebut mengharuskan semua pihak untuk waspada dengan terjadinya karhutla,” ujar Paman Birin, panggil akrab Gubernur.

Melalui apel itu, Paman Birin berharap, dapat mempertegas kesiap-siagaan, memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mencegah Karhutla.

Sementara itu Ketua Umum Senkom Mitra Polri Provinsi Kalimantan melalui Kepala Biro Penanggulangan Bencana Dan Search And Rescue (Kabiro PB SAR), Agus Hariyanto mengatakan dengan diadakannya apel, dihimbau kepada seluruh anggota Senkom di seluruh kabupaten/ kota dapat merespon cepat untuk mengantisipasinya.

Diharapkan ketua-ketua kabupaten melalui PB SAR masing-masing agar segera mensolaialisasikan hal itu kepada anggota dan masyarakat agar sekiranya dapat bersama-sama menjaga dan mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan.

"Anggota Senkom harus siaga selalu dengan menginformasikan perkembangan situasi terkini di daerah masing-masing," Himbau Agus.

Selain Gubenur Kalsel hadir sebagai peserta apel Ketua umum Senkom, TNI/Polri, instansi vertikal, SKPD terkait, stake holder, relawan dan keluarga besar ponpes Darul Hijrah. (rzq)
Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com