Kapolda Sumbar ajak LDII sebarkan pesan Kamtibmas kepada Masyarakat



“LDII ini merupakan kumpulan ustadz dan ulama yang memiliki jamaah sehingga bisa kita selipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat ketika mereka melakukan dakwah kepada masyarakat ,” kata Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono



Sidoarjofile - Sumbar | Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono mengajak pengurus dan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumbar agar berperan dalam menyebarkan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat sehingga dapat membantu kepolisian menciptakan keamananan yang kondusif.


“LDII ini merupakan kumpulan ustadz dan ulama yang memiliki jamaah sehingga bisa kita selipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat ketika mereka melakukan dakwah kepada masyarakat ,” kata dia saat beraudiensi dengan Pengurus DPW LDII Sumbar di Ruang Kerja Kapolda Sumbar pada Selasa (14/2).

Menurut dia dalam menciptakan situasi Kamtibmas kepolisian tidak bisa melakukan seorang diri karena jumlah personel kepolisian di Sumbar ini hanya 10.500 orang sementara jumlah warga Sumbar mencapai lima juta orang lebih.

Pihaknya terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan seluruh pihak mulai dari LKAAM Sumbar, Ormas Islam mulai dari Nahdlatul Ulama Sumbar, Muhammadiah Sumbar dan kali ini dengan LDII Sumbar.

“Kita ingin merangkul seluruh warga Sumbar agar menjaga situasi dan kondisi keamanan tetap stabil dan kita siap bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mewujudkan hal tersebut,” kata dia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar kegiatan Jumat Curhat mulai dari Kapolda, Kapolres dan Kapolsek turun ke masjid-masjid dalam menyampaikan pesan kamtibmas dan menyerap masukan dari warga.

“Pesan ini yang terus kita ulang-ulang agar masyarakat terlibat aktif dalam mewujudkan situasi yang aman dan nyaman,” kata dia.

Ketua DPW LDII Sumbar, Afrizal Yaman menyampaikan kerja sama LDII Sumbar dengab Polda Sumbar terus berjalan sejak lama dan salah satunya adalah kegiatan Dai Kamtibmas yang telah dilakukan sebanyak dua kali yakni 2015 dan 2018.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya membantu kepolisian untuk menyampaikan dakwah yang menyejukkan mengajak warga terlibat aktif dalam menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal mereka agar tetap aman dan nyaman.

“Kita tentu siap bekerja sama untuk Pelatihan Dai Kamtibmas jilid III. Kita siap bersinergi dengan Polda Sumbar untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang baik,” kata dia.

Ia mengatakan LDII Sumbar memiliki program kerja yakni 8 klaster bidang pembangunan yang mulai dari pengabdian bidang keagamaan, bidang kebangsaan, bidang pendidikan, bidang kesehatan.

Kemudian pembangunan di bidang energi terbarukan, bidang perekonomian, bidang penggunaan teknologi digital dan bidang pangan.

“Ini yang menjadi program kerja kita dan semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat Sumbar. Dalam pelaksanaan LDII memiliki 3 K yakni Karya, Komunikasi dan Kontribusi,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan pembinaan generasi muda terus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari usia cabe rawit, pra remaja, remaja hingga usia nikah sehingga mampu menghasilkan generasi yang profesional religius.

“Kita berupaya membentuk generasi muda yang faqih, alim dan berakhlakul karimah serta memiliki sifat yang jujur, amanah, hemat, mampu bekerja sama yang baik, rukun dan kompak,” kata dia.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Sumbar Irjen Suharyono didampingi Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan dan Wadir Intel Polda Sumbar AKBP Alex Prawira. Sementara Ketua DPW LDII Sumbar didampingi Wanhat HM Shodiqin, Wakil Ketua Mario SN, Sekretaris HM Abdillah, Wakil Sekretaris Theda Adisurya dan Wakil Bendahara Bayu Perdana Putra.


Sumber : RPM/ LINES Sumbar
Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com