PUSAD Paramadina Gelar Lokalatih Mediasi Bersertifikat Kerjama dengan FKUB

 

sidoarjofile.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sidoarjo bersama PUSAD Paramadina dan Pusat Mediasi Nasional (PMN),menggelar lokalatih mediasi bersertifikat selama lima hari mulai Senin (23/1/2023).

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Astin Kahuripan ini, dibuka secara resmi oleh Plt Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto, serta dihadiri perwakilan Kemenag dan Bakesbanpol Sidoarjo.

Dalam sambutan pembukaan, Andjar Surjadianto memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PUSAD Paramadina, yang sudah mempercayakan kegiatan lokalatih mediasi FKUB di Kabupaten Sidoarjo.

“Meskipun di Sidoarjo ini terbilang minim terjadi konflik antar umat beragama, namun lokalatih mediasi ini sangat penting dilakukan, sebagai bekal dalam menangani konflik umat beragama yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Saya ucapkan terima kasih kepada PUSAD Paramadina dan PMN atas kerja samanya,” ujar Andjar.

Andjar juga memberikan pesan kepada seluruh peserta yang merupakan keluarga besar FKUB, untuk bisa mengikuti pelatihan hingga selesai dan mendapatkan sertifikat.

“Dengan mengikuti pelatihan secara maksimal dan tuntas, saya berharap peserta menjadi mediator yang handal di tengah masyarakat,” ujarnya.

Ketua FKUB Kabupaten Sidoarjo Idham Kholiq menyebutkan dengan kegiatan ini para mediator akan bersertifikat nasional sekaligus menjadi tokoh kerukunan umat beragama, guna memelihara suasana kondusif dan merawat harmonisasi di Sidoarjo.

“Pelatihan ini merupakan Angkatan pertama dan pertama kali dilakukan FKUB Sidoarjo. Sedangkan peserta merupakan keluarga besar dari FKUB yang terdiri dari Ormas keagamaan, tokoh masyarakat, dan pemuda” ujar Idham.
Sementara itu Ihsan Ali Fauzi Direktur PUSAD Paramadina, bukan hanya tugas pemerintah daerah tetapi juga tugas masyarakat dan tokoh agama.

Kegiatan pelatihan ini merupakan upaya untuk saling mendukung dalam menjaga kerukunan umat beragama di Sidoarjo.

Ia mengungkapkan para peserta pelatihan mediasi konflik keagamaan sangat dibutuhkan perannya membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan umat beragama.

Husni Mubarok Direktur Program PUSAD Paramadina menambahkan, Lokalatih mediasi tujuannya membantu FKUB, Bakesbangpol dan pemerintah kabupaten menangani konflik umat beragama.

“Harapannya supaya konflik tidak sampai pada kekerasan,” katanya. (Abidin)


Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com - Menguak Yang Tersembunyi