Rp 10 Miliar Disiapkan Untuk Beasiswa Perguruan Tinggi


SIDOARJOFILE.COM - Pemkab Sidoarjo menggelontor anggaran sebesar Rp 10 Miliar untuk program Beasiswa Perguruan Tinggi.

Anggaran tersebut dialokasikan khusus, untuk mendongkrak agar lebih banyak lagi pemuda Sidoarjo yang berprestasi. Selain itu, program ini juga untuk membantu biaya pendidikan para mahasiswa Sidoarjo yang sedang mengalami kendala pembiayaan.

Mereka yang saat ini menempuh pendidikan jenjang S1 sampai S3 berkesempatan mendapatkan beasiswa dari pemeritah Kabupaten Sidoarjo. Jumlah kuotanya sebanyak 2.000 mahasiswa yang pendaftarannya sudah dibuka sejak awal Februari 2022 lalu dan ditutup pada akhir Maret 2022. Pendaftar yang dinyatakan memenuhi syarat akan mendapatkan beasiswa Pendidikan senilai Rp. 5 juta.
Dalam waktu dekat Bupati Sidoarjo akan menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada para penerima.

Pemberian beasiswa tersebut kata Gus Muhdlor akan mendongkrak motivasi para pemuda Sidoarjo untuk lebih getol lagi melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Program ini juga sebagai bentuk kepedulian bupati pada kemajuan pendidikan dengan memberikan apresiasi pada mahasiswa yang berprestasi, baik prestasi akademik, non akademik maupun prestasi dalam agama.

“Banyak pemuda Sidoarjo yang berprestasi, ini terlihat saat pemerintah membuka program beasiswa jalur prestasi. Mereka yang berprestasi tidak hanya kuliah di dalam negeri saja ada juga mahasiswa asal Sidoarjo yang saat ini tengah belajar di luar negeri juga ikut mendaftar,” terang Gus Muhdlor. Jum’at, (20/5/2022) di Pendopo Delta Wibawa.

Kuota beasiswa tahun 2022 sebanyak 2.000 orang. Sejak dibuka pendaftran pada awal Februari lalu, jumlah pendaftar yang masuk hingga akhir Maret sudah lebih dari kuota.

Saat ini Pemkab Sidoarjo sedang melakukan proses verifikasi dan validasi, dalam waktu dekat hasilnya akan diumumkan ke publik.

Dari kuota tersebut, rinciannya untuk prestasi akademik sebanyak 650 orang, non akademik 350 orang, mahasiswa kurang mampu 500 orang dan prestasi keagamaan 500 orang dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 sampai dengan S3.

Jalur beasiswa yang dibuka yakni jalur prestasi akademik dan non akademin, jalur prestasi keagamaan dan jalur mahasiswa kurang mampu.

Dari keempat jalur itu yang paling banyak pendaftarnya yakni jalur prestasi akademik dan non akademik.

Jumlah pendaftar yang masuk lewat jalur prestasi akademik dan non akademik mencapai 1.400 an mahasiswa.
Kemudian untuk jalur beasiswa kurang mampu yang mendaftar lebih dari 1.000 orang sedangkan pendaftar yang masuk jalur prestasi agama sebanyak 119 mahasiswa.

Berkas yang masuk itu masih dalam proses verifikasi dinas terkait.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Joko Supriadi menyampaikan, pihaknya sampai hari ini masih terus memverifikasi berkas pendaftar.

“Yang kita tangani jalur prestasi akademik dan non akademik, jumlah pendaftarnya sudah mencapai lebih dari 1.400 mahasiswa dan yang sudah terverifikasi sebanyak 650 an berkas,” terang Joko.(Ls1)


Telah tayang sebelumnya di liputansidoarjo.com

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com