Pemerintah Melonggarkan Pemakaian Masker, Satgas Penanganan Covid-19 Adakan Pembekalan Pada Relawan


SIDOARJOFILE.COM - Dalam rangka membantu memahami masyarakat terkait Pemerintah telah melonggarkan pemakaian masker di tempat terbuka, Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku melaksanakan kegiatan pembekalan kepada Duta Perubahan Perilaku (DPP) Relawan Covid-19 yang dilaksanakan melalui meeting zoom, Sabtu (21/5/2022).

 "Dua tahun yang lalu hampir semua masyarakat kita termasuk kita sendiri memasuki apa yang namanya Zona Ketakutan yang mana bisa dilihat dengan bagaimana sikap kita  dalam menghadapi seperti membeli masker, membeli obat yang berlebihan, kita menyebarkan rasa ketakutan, amarah, mengeluh, kita mendapatkan informasi sedikit langsung dishare seputar Covid - 19," ujar Ketua Sub Bidang Relawan Satgas Covid-19 Prasetyo Nurhardyanto.

Prasetyo mengatakan Justru hal tersebut merupakan hal yang membawa dampak yang negatif karena masih dalam Zona Ketakutan.

"Setelah Zona Ketakutan kita memasuki Zona Belajar yang mana kita mulai hati-hati dalam menerima berita, mulai menerima kenyataan, mulai belanja dengan seperlunya. Waktu berjalan selama satu tahun, kita masuk dalam Zona Bertumbuh dimana kita sudah mulai bisa beradaptasi, mulai terbiasa memakai masker, mulai terbiasa menjadi relawan" katanya.

Prasetyo menyampaikan sudah ada 79 ribu orang berhasil dilatih untuk menjadi tenaga Relawan covid-19 baik secara online maupun secara offline.

Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Wahyuni menyampaikan apresiasi karena tim relawan berjuang dari dulu, dari awal Covid -19 sampai saat ini.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas penggabungan ini," kata Wahyuni.

Wahyuni mengatakan pengumuman Presiden Jokowi kemarin banyak diartikan masing-masing sektoral. "Kita ajarkan kepada masyarakat kita bahwa memang tidak pakai masker itu hanya di tempat terbuka dan di situ tidak banyak orang," ujarnya.

"Selamat bekerja sampai pemerintah mengumumkan atau WHO juga mengumumkan bahwa covid-19 ini sudah tidak ada lagi. Kalau belum ada pengumuman, maka kita harus berjuang sampai akhir," pungkasnya. (BBP)

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com