Peduli Dampak El Nino, Senkom Rescue Klaten Bersama TNI-POLRI Bagikan Ribuan Liter Air Bersih

 



Sidoarjofile, Klaten - Senkom Rescue yang dibawah naungan Ormas Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten bersama  membagikan air bersih kepada warga Kecamatan Karangdowo yang terdampak kekeringan akibat fenomena El Nino.

Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 14 Oktober 2023 bersama jajaran Kepolisian Sektor Karangdowo yang diwakili oleh Aipda Tri Sulistiyawan serta Brigadir Eko Apriyanto, Serda Sutrisno anggota Koramil 17 Karangdowo dan Danang Surya Pratama, Sekdes Desa Tumpukan Karangdowo.

Kegiatan pembagian air bersih ini dilakukan di Dukuh Tumpukan dan Dukuh Tegalmulyo, Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo. Sebanyak 350 keluarga menerima bantuan air bersih dari Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten ini.

Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten, Poniman M. Rosyied yang turut hadir dilokasi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Senkom Mitra Polri terhadap warga yang terdampak kekeringan.

"Kami prihatin dengan dampak El Nino yang menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Klaten," kata Poniman.

"Oleh karena itu, kami membagikan 1.6000-an liter air bersih yang diangkut oleh 2 armada mobil air yang masing-masing berkapasitas 8.000 liter kepada warga yang membutuhkan." Ungkap Poniman M. Rosyied yang juga Pengurus Harian Pokdar Kamtibmas Polres Klaten ini.

Senada dengan Poniman, Aipda Tri Sulistiyawan yang mewakili Iptu Sumasna, S.H. Kapolsek Karangdowo menyampaikan terima kasih kepada Senkom Mitra Polri Klaten atas program bagi-bagi air bersihnya ini dan berharap semoga kedepannya kegiatan sosial seperti ini terus dilanjutkan.

Selain itu, Serda Sutrisno anggota Koramil 17 Karangdowo yang mewakili Kapten Armed Sahono, Danramil 17/Karangdowo kepada awak media yang meliput kegiatan mengucapkan terimakasih kepada Senkom Klaten yang telah menginisiasi gerakan bagi-bagi air bersih ini.

"Apa yang dilakukan Senkom Klaten pada hari ini sesuai dengan keinginan masyarakat Dukuh Tumpukan dan Dukuh Tegalmulyo Kecamatan Karangdowo, sebab semnjak kemarau panjang ini warga sangat susah untuk mendapatkan air bersih. Apalagi sumur-sumur warga sudah banyak yang kering, meskipun beberapa sumur masih ada airnya namun tidak layak dikonsumsi lagi karena kandungan zat kapur yang cukup tinggi." Ungkap Sutrisno.

"Kepada warga kami harapkan kedepannya kalau ada informasi akan dilaksanakannya pembagian air bersih seperti ini supaya menyiapkan wadah atau penampungan sebanyak-banyaknya,  atau secara bergotong-royong membuat tampungan induk sementara, sehingga air bersih yang dikirim oleh mobil-mobil tangki bisa didrop disatu tempat dan warga bisa bersama-sama mengambil air bersih disana." Pungkas Serda Sutrisno

Saat dihubungi, Camat Karangdowo,
Tomasila Aditama, A.P., M.M. kepada awak media menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan oleh Senkom Mitra Polri.

"Kami sangat berterima kasih kepada Senkom Mitra Polri yang telah membantu warga kami yang terdampak kekeringan. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga kami." Kata Tomasila Aditama, A.P., M.M.

Mewakili Kepala Desa dan Warga Desa Tumpukan, Danang Surya Pratama selaku Sekdes Desa Tumpukan menyampaikan terimakasih kepada Senkom Klaten atas bantuan air bersihnya.

"Bantuan dari Senkom saat ini sangat tepat sasaran dan datang tepat pada waktunya, sebab Senkom datang memberikan bantuan air bersih disaat warga desa kami sedang mengalami krisis air bersih. Kami berharap kedepannya selama musim kemarau ini, Senkom Klaten kembali mengirimkan bantuan air bersih kepada warga kami." Tutup Danang Surya yang juga Relawan Desa Tumpukan ini.

Kegiatan pembagian air bersih ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Senkom Mitra Polri terhadap masyarakat. Senkom Mitra Polri akan terus berupaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dilansir dari situs Kompasiana, H. Kamidi, S.Pd, M.Pd, Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Klaten periode 2023-2028 menjelaskan bahwa Senkom Mitra Polri harus menjadi mitra strategis Polri, BNN, BNPB, BASARNAS, TNI/Kementrian Pertahanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sesuai dengan Tiga Klaster Senkom yaitu dibidang Kamtibmas, Kebencanaan dan Belanegara.

Selain itu setiap anggota Senkom harus tunduk dan patuh kepada UUD 1945 dan Pancasila, termasuk supaya mena'ati peraturan Organisasi. Ia mengajak seluruh anggota Senkom untuk selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

"Senkom Mitra Polri harus cepat tanggap sesuai dengan Slogan Senkom Rescue "Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan". Oleh karena itu, saya mengajak seluruh anggota Senkom untuk selalu aktif dalam kegiatan serta berkomunikasi dengan Polri dan lain-lain, sesuai dengan motto Senkom Mitra Polri "Menembus Jarak Tanpa Batas", terutama dimusim kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia ini." Ujar H. Kamidi.(Rizal PM)

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com