Senkom Jateng Ajarkan Teknik Penanggulangan Bencana Melalui Simulasi

 

SIDOARJOFILE | SUKOHARJO - Pengurus Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan simulasi penanggulanan bencana berbasis Pondok Pesantren (Ponpes) yang diikuti oleh para peserta dari Senkom Rescue se-Jawa Tengah dan para Relawan Ponpes yang dilaksanakan di halaman Pondok Pesantren Barokah, Nandan, Sukoharjo, Minggu (25/6/2023) pagi.

Edi Ermawan Selaku Ketua Biro Penanggulangan Bencana dan SAR (PBSAR) Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Tengah mengatakan, kegiatan penanggulangan bencana berbasis Pondok Pesantren yang dilaksanakan di Pondok Barokah, Nandan, Sukoharjo tanggal 24-25 Juni 2023 yaitu tentang kegiatan penanggulangan bencana yang bisa dilakukan saat di Pondok tersebut terjadi suatu insiden ataupun bencana.

"Adapun materi yang disampaikan adalah tentang teaser, penilaian korban, pertolongan pertama pada kecelakaan, teknik evakuasi, selain itu ada teknik pendataan, dan ada juga trauma healing," ujar Edi.

Edi berharap agar kegiatan tersebut apabila terjadi suatu bencana di Pondok-Pondok bisa segera tertolong sehingga meminimal jatuhnya korban.

"Dan hari ini diaplikasikan semuanya dalam suatu simulasi sehingga saat simulasi itu bisa berjalan dengan lancar semuanya," jelasnya.

"Untuk tanggapan tentang simulasi sangat luar biasa karena kita konsep seakan-akan kegiatan simulasi ini sebagaimana di alam yang nyata dalam keadaan bencana, jadi para peserta pun kita kenalkan dengan menu pengungsi. Jadi disini dibikin seakan-akan nyata dan tadi pas simulasi juga ada proses belajar mengajar juga berlangsung saat itu ada gempa setelah itu pada berlarian, penyelamatan dan lainnya, jadi kita bikin seakan-akan nyaris dengan kenyataan," imbuhnya.



Selanjutnya Poniman yang merupakan salah satu peserta Diklat Penanggulangan Bencana menyampaikan rasa terima kasih kepada semua panitia yang telah membina, membimbing, mengajarkan kepada peserta Diklat cara-cara penanganan saat terjadinya bencana alam gempa, terutama dalam mengevakuasi korban bencana.

"Alhamdulillah dengan bimbingan para panitia dan senior, kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan kedepannya juga kami sebagai peserta, akan berusaha semaksimal untuk melaksanakan apa yang telah kami dapatkan," ujar Poniman.

"Mudah-mudahan dengan acara ini Alloh memberikan aman, selamat, lancar dan barokah dan kita semua terhindar dari bencana alam," pungkasnya. (bay)

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com