SEA Games 2021 Telah Usai, Indonesia Capai Peringkat 3

SEA Games 2021 di Vietnam telah berakhir. Walau tidak keluar sebagai juara umum, kontingen Indonesia setidaknya bisa memenuhi target dengan masuk tiga besar. Foto: ANTARA FOTO/Arsakha


SIDOARJOFILE.COM | HANOI - Klasemen akhir SEA Games 2021, Indonesia dipastikan finish diperingkat tiga klasemen dengan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Hasil tersebut sesuai dengan harapan yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Raihnya medali tim Merah Putih ini, jauh di bawah sang tuan rumah yang berkuasa dengan 205 emas, 125 perak, 116 perunggu, sedangkan posisi dua ditempati Thailand dengan 92 emas, 103 perak dan 136 perunggu.

Indonesia bisa mendapat medali di 32 cabor yang dikuti walau tidak semuanya emas. Pencapaian itu terjadi setelah tim sepak bola putra bisa merebut medali perunggu dengan mengalahkan Malaysia U-23. 

Menembak dan Dayung menjadi penyumbang medali emas terbanyak, masing-masing delapan keping. Dayung bahkan menyumbang medai emas pertama. Ada juga sejumlah cabor yang berhasil mempertahankan gelar, diantaranya boli voli putra.

Terjadi pula kejutan dimana tim bola basket putra Indonesia meraih medali emas pertamanya. Cabor eSport juga unjuk gigi dengan menyumbang dua emas, sama seperti bulu tangkis.

Pada hari terakhir, tim Merah Putih bisa mendulang 10 emas. Cabor eSport merebut emas pamungkas dari nomor beregu PUBG Mobile. 

Torehan 69 emas sejatinya lebih rendah dari pencapaian saat SEA Games 2019 di Filipina dengan 72 emas. Meski demikian, posisi Indonesia meningkat karena finis ketiga. Ini sesuai target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. (BBP)


Hasil Klasemen SEA Games 2021 :





 

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com