Ini Syarat dan Kategori 2.415 Kuota Beasiswa dari Pemkab Sidoarjo

SIDOARJO (Sidoarjofile.com)- Pemkab Sidoarjo mulai membuka pengajuan beasiswa pendidikan untuk warganya. Ada dua kategori yang dibuka. Yakni, beasiswa untuk mahasiswa perguruan tinggi dan pelajar SD/SMP sederajat.

Untuk kategori pendidikan tinggi dibagi ke empat jenis. Pertama, beasiswa prestasi nonakademik seperti bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan olahraga. Kedua, beasiswa prestasi akademik. Ketiga, beasiswa mahasiswa kurang mampu. Keempat, beasiswa prestasi keagamaan.

Sementara itu, kategori pelajar adalah beasiswa hafiz dan hafizah. Pendaftaran dimulai 31 Januari dan berakhir 31 Maret 2022 mendatang secara online.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi menyebutkan, kuota per kategori tidak sama. Total ada sebanyak 2.415 kuota. Perinciannya, 650 untuk prestasi akademik, 350 untuk prestasi nonakademik, 500 untuk prestasi keagamaan, 500 untuk kategori kurang mampu, dan 415 untuk kategori pelajar hafiz dan hafizah jenjang SD/SMP.

Jika nanti pendaftar melebihi kuota, akan dilakukan seleksi. ”Setelah pendaftaran secara online, nanti Maret itu akan ada verifikasi dokumen. Seperti untuk melihat dokumen yang dilampirkan sesuai atau tidak,” kata Djoko.

Terkait kategori prestasi akademik, pemohon antara lain harus melampirkan transkrip IPK. Untuk kategori prestasi bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, pendaftar harus melampirkan sertifikat bukti prestasi, bisa internasional, nasional, ataupun lokal.

Di kategori prestasi keagamaan, pemohon harus melampirkan sertifikat hafal minimal sepuluh juz Alquran dan/atau prestasi lain di bidang keagamaan sekaligus surat keterangan dari pondok pesantren.

Sedangkan di kategori hafiz dan hafizah tingkat SD/SMP, pemohon melampirkan keterangan hafal minimal tiga juz Alquran dari satuan pendidikan dan surat rekomendasi dari lembaga/TPQ/rumah hafiz Alquran.

”Seleksinya untuk melihat siapa yang lebih berprestasi jika dilihat dari bukti yang dilampirkan. Tapi, kalau pendaftarnya tidak melebihi kuota, maka tanpa seleksi, hanya verifikasi saja,” kata Djoko.

Targetnya, April mendatang beasiswa tersebut mulai disalurkan. Setiap penerima bakal mendapatkan beasiswa Rp 5 juta. ”Tahun depan akan ada seleksi lagi. Karena pasti muncul prestasi-prestasi baru,” terangnya.

 

Sumber: https://www.jawapos.com/surabaya/08/02/2022/pemkab-sidoarjo-buka-beasiswa-2-415-kuota-baca-syarat-dan-kategorinya/?page=2

Lebih baru Lebih lama
sidoarjofile.com